Visi dan Misi

Planologi adalah ilmu pengetahuan dan aplikasinya dalam perencanaan wilayah dan kota untuk mewujudkn keserasian dan keterpaduan pengembangan tata ruang wilayah & kota melalui proses-proses identifikasi, analisis, perencanaan, pemanfaatan, dan pengendalian elemen fisik dan non fisik yang terkait dengan pengembangan wilayah dan kota.

Bidang Planologi saat ini lebih dikenal dengan Bidang Perencanaan Wilayah dan Kota membutuhkan perpaduan kemampuan teknis (desain), analisis, dan komunikasi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas perencanaan tata ruang yang akan berpengaruh pada manusia dan lingkungannya. Seorang sarjana Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota akan bekerja dalam suatu tim, baik dalam satu disiplin ilmu maupun dengan profesional lain seperti arsitek, sipil, bahkan dengan politisi dan masyarakat. Oleh karena itu, seorang sarjana Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) akan dibekali dengan pengetahuan yang beragam (keteknikan, sosial, budaya, dan ekonomi).

Sejalan dengan otonomi daerah, kebutuhan akan sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) semakin meningkat pula. Tugas-tugas perencanaan wilayah dan kota memerlukan tenaga-tenaga terampil dan berkemampuan baik agar tujuan perencanaan dapat tercapai. Kurang tersedianya tenaga perencana di daerah mengakibatkan kurangnya kemampuan daerah dalam mengelola tata ruang. Untuk memenuhi tantangan penyediaan tenaga perencana tersebut, STTNAS telah menyelenggarakan Program Studi Planologi, Strata 1, melalui izin penyelenggaraan DIKTI Depdiknas RI No. 1361/D/T/2004 diperbaharui dengan SK DIKTI No. 4433/D/T/2006, dan telah memiliki status Terakreditasi C dari BAN DIKTI. Berdasarkan surat Dirjen DIKTI No. 2900/D/T/K-IV/2010 nama Planologi dirubah menjadi Perencanaan Wilayah dan Kota untuk keseragaman nama program studi secara nasional.

Visi Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota STTNAS Yogyakarta adalah menjadi program studi unggulan Indonesia pada tahun 2022 melalui pengembangan kerjasama dan tri dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang perencanaan wilayah dan kota yang memiliki daya saing dan integritas tinggi.

Misi Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota STTNAS Yogyakarta adalah :

1. Melaksanakan sistem tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab;
2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan berwawasan global;
3. Menghasilkan tenaga profesional yang mempunyai daya saing dan integritas tinggi;
4. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana berbasis teknologi yang up to date dan seimbang;
5. Mengembangkan kerjasama di tingkat nasional dan internasional.

Tujuan pendidikan pada Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota STTNAS Yogyakarta sebagai bagian dari program pendidikan perencanaan wilayah dan kota di tingkat nasional maupun internasional adalah :

1. Meningkatkan peran dan kualitas dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Misi 4 dan 5)
2. Membangun kerjasama dengan berbagai institusi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian (Misi 2, 3, dan 4)
3. Menerapkan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2008 (Misi 1,2, dan 5)
4. Meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan (Misi 1,2, dan 5)
5. Mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi (Misi 2 dan 3)